Minggu, 04 Mei 2014

Teori Proposal

TEORI PROPOSAL
Pengertian proposal yaitu tulisan yang dibuat dengan tujuan menjelaskan dan juga menjabarkan maksud atau tujuan kepada seseorang, instansi, atau suatu kelompok. Dalam pengertian proposal tersebut dimaksudkan agar penerima proposal dapat memahami dan mengerti tentang maksud dan tujuan secara lebih detail lagi. Pada pengertian proposal itu juga dimaksudkan agar setelah penerima proposal mengerti dan memahami tujuan proposal tersebut maka akan terjadi persamaan misi, visi, dan juga tujuan yang ingin dicapai.
Pengertian proposal juga merupakan suatu planning kerja yang terinci dan juga sistematis yang kemudian digunakan untuk suatu aktivitas atau kegiatan yang sifatnya formal. Penjelasan pengertian proposal juga dijabarkan sebagai usulan dari suatu aktifitas atau kegiatan yang memerlukan dukungan dari seseorang baik itu individu maupun kelompok lainnya. selain itu, pengertian proposal juga diartikan sebagai suatu rancangan dari kegiatan yang ingin dilaksanakan yang disusun secara formal atau juga standar.

Pengertian Proposal Secara Ilmiah

Dari sudut pandang dunia ilmiah, pengertian proposal ialah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Dalam pengertian proposal ini itu berarti proposal sama halnya dengan usulan.
Ada juga yang menyatakan bahwa pengertian proposal itu ialah suatu permintaan atau dapat juga dikatakan sebagai saran yang ditujukan kepada seseorang, instansi, organisasi, suatu badan, atau suatu kelompok untuk menjalankan atau melaksanakan suatu pekerjaan.
Demikianlah penjelasan dan pembahasan tentang pengertian proposal. Sebagian besar dari kita tentu sering mendengar kata proposal. Apalagi orang yang berkecimpung di dunia pendidikan dan pegawai suatu perusahaan atau instansi tentu sering mendengar kata proposal dan bahkan sangat mengerti tentang pengertian proposal. Namun demikian, tidak dipungkiri juga pasti banyak yang belum tau dan mengerti tentang pengertian proposal. Maka dari itu, semoga artikel tentang pengertian proposal ini dapat membantu anda dalam memahami atau lebih memahami tentang pengertian proposal.

Sistematika Proposal

Sistematika proposal penelitian adalah tahap-tahap atau aturan yang digunakan sebagai acuan dalam membuat proposal penelitian. Dapat diartikan sebagai sebuah usulan yang dibuat secara ringkas yang menggambarkan apa saja aspek yang akan dilakukan dalam sebuah penelitian, kemudian dirancang dan disesuaikan dengan penelitian yang akan dilakukan. Melalui proposal peneliti atau pihak-pihak terkait akan memahami kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan.

1. Latar belakang masalah, latar belakang masalah dimulai secara sistematis. Penulisan masalah ini dilakukan dengan memaparkan variabel terkait sebagai pokok pikiran utama dan variabel bebas sebagai penjelas. Unsur-unsur yang harus ada dalam penulisan latar belakang masalah adalah menguatkan bahwa masalah itu sangat penting untuk diatasi dan menarik untuk diteliti. Syarat-syarat dalam penulisan latar belakang masalah adalah sebagai berikut:

- Hal-hal yang ideal

- Masalah utama

- Dimana hal itu terjadi

- Kosekuensi yang muncul bila masalah itu dibiarkan

- Intervensi yang relevan

2. Batasan masalah dalam suatu penelitian diperlukan agar ruang lingkup masalah yang akan diteliti tidak meluas, batasan-batasan yang dimaksud seperti batasan
waktu, batasan tenaga dan batasan dana. Batasan-batasan ini tentunya juga berpengaruh pada proses dan hasil penelitiannya :

- Membatasi masalah yang akan dipilih

- Menegaskan pengertiannya

- Menggambarkan secara detail dan menjelaskan data yang diberikan

3. Dalam perumusan masalah dijabarkan sebagai definisi yang dapat menjelaskan, ruang lingkup serta asumsi dasar

4. Tujuan penelitian, tujuan penelitian dirumuskan dengan kalimat yang pasif, karena tujuan merupakan pernyataan yang berisi harapan yang akan dicapai.

5. Manfaat penelitian, uraikanlah manfaat penelitian secara singkat dan jelas.

6. Landasan teori, bagian ini ditulis agar pembaca atau pihak-pihak terkait mengetahui landasan-landasan yang di pakai dalam melakukan penelitian.

7. Metode penelitian, dalam hal ini dapat meliputi rancangan penelitian, cara penafsiran dan variabel dalam penelitian,

8. Objek penelitian adalah suatu benda, orang, tempat atau keadaan yang menjadi fokus dari penelitian yang dilakukan.

9. Metode pengumpulan data, ada beberapa cara, yaitu :

- Wawancara

- Diskusi kelompok

- Observasi

- Review dokumen

10. Metode analisis data,setelah data dikumpulkan tahap selanjutnya adalah analisa data.

11. Hasil penelitian yang diharapkan.

12. Dan yang terakhir daftar pustaka.

Merancang Proposal Sponsor

Dalam merencanakan suatu acara besar, maupun kecil, intern maupun exteren maka dibutuhkan kehadiran proposal sabagai suatu pedoman dalam berproses selanjutnya. Proposal menjadi gambaran kasar acara yang akan diadakan. Entah akhirnya beberapa hal meleset, hal tersebut tidak masalah, karena pada akhirnya akan ada laporan pertanggung jawaban. Tentunya proposal yang baik tidak akan berbeda jauh dengan pelaksanaan atau realisasi acara.
Ketika anda merencanakan sebuah acara besar dengan besar dengan menggundang massa tentunya anda akan membutuhkan kehadiran sponsor di situ. Maka dari itu proposal menjadi senjata anda untuk menunujukkan, menyakinkan pihak sponsor untuk ikut berpartisipasi dengan anda.
Karena itu jangan samakan proposal biasa dengan proposal sponsor. Proposal sponsor unik, buatlah berbeda dari yang lain. Hal yang penting dalam proposal adalah jangan sampai pihak sponsor menganggap anda seperti meminta namun berikanlah penyajian yang membuat pihak sponsor memang tertarik pada acara anda. Fokuslah pada keuntungan yang bisa didapat oleh pihak sponsor.
Sebelum membuat proposal Sponsor beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah
1. Waktu persiapan
Ketika anda mengadakan suatu acara dengan jeda waktu yang sempit dengan hari acara, maka semakin kecil harapan anda untuk mendapatkan sponsor. Mengapa? Karena dari situ akan terlihat bagaimana keseriusan dan kesiapan anda dalam melaksanakan acara tersbut.
2. Penyelenggara
Kalau anda pernah menyelenggarakan suatu event besar dan sukses, maka sponsor tidak akan segan-segan berpartisipasi di dalamnya. Dengan kata lain, reputasi menjadi hal yang penting untuk memikat sponsor. Semakin besar reputasi anda, semakin mudah pihak sponsor percaya.
3. Jenis Kegiatan
Ketika anda membuat suatu acara lihatlah produk apa yang bisa ditampilkan di situ. Hal ini menjadi berkaitan erat pada keterkaitan produk sponsor dengan kegiatan anda.. Kalau anda membuat pensi anak muda, maka anda tidak akan mungkin bisa mendapatkan sponsor seperti mobil, elektronik, namun anda bisa mendapat sponsor rokok, makanan, dll.
4. Penonton atau peserta
Berilah target yang akan dicapai dalam proposal, dan fokus golongan apa. Ketika anda menargetkan dengan jumlah yang besar dan yang akan datang adalah sebagian besar anak muda maka perusahaan dengan produk anak muda akan tertarik.
Aspek dalam proposal sponsor adalah:
- Layout
- Kelengkapan perencanaan acara
- Penawaran sponsor
Layout
Ketika anda membuat proposal terutama proposal sponsor, layout menjadi bagian yang penting didalamnya. Karena dari layout anda, anda paling tidak bisa memberikan keyakinan lebih pada pihak sponsor, proposal anda akan terlihat berbeda di mata Sponsor. Dari layout anda anda dapat memperlihatkan betapa seriusnya anda mempersiapkan sebuah acara.

Proposal Skripsi

Membuat proposal skripsi/tesis merupakan kewajiban seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana dan magister. Sebelum menjelaskan tentang proposal skripsi/tesis dan memberikan contoh proposal skripsi/tesis  terlebih dahulu saya akan menjelaskan secara singkat perbedaan skripsi dan tesis.
Pengertian skripsi menurut Ndraha (1998) skripsi merupakan laporan pekerjaan lapangan dan membaca buku-buku untuk membentuk konsep baru yang meliputi fakta serta mengembangkan hipotesis antara variabel-variabel yang dijabarkan konsep tersebut.
Sedangkan pengertian tesis (thesis) menurut Ndraha (1998) tesis merupakan laporan yang sama seperti skripsi akan tetapi bertujuan untuk membangun teori baru atau mengembangkan teori lama.
Kembali ke pokok bahasan yaitu proposal skripsi dan contoh proposal skripsi. Skripsi dan tesis merupakan salah satu bentuk contoh karya ilmiah. Walaupun tanpa pembimbing mahasiswa sebenarnya dianggap mampu membuat proposal skripsi karena mahasiswa telah menempuh mata kuliah tentang Metode Penelitian.

Contoh Proposal

Contoh Proposal Kegiatan HUT RI

I.                    LATAR BELAKANG

Dengan motivasi proklamasi 17 Agustus 1945, kita lanjutkan pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan rakyat, serta kita perkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

II.                  MAKSUD DAN TUJUAN

A. Maksud

Adapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan dalam menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 pada tanggal 17 Agustus 2013.

B. Tujuan

Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah untuk:
Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga RT 06/RW 07, Kelurahan Sukamenak, Kecamatan Kopo-Bandung.
Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara anak-anak.
Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara anak-anak.
Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

III.                TEMA KEGIATAN

Aktivitas ini mengedepankan kebersamaan warga antar Kopo dan mengembangkan daya kreativitas, keterampilan, ketangkasan, serta sportifitas.

IV.                JENIS KEGIATAN

A. Perlombaan untuk anak:
Lomba tarik tambang
Lomba joged
B. Perlombaan untuk dewasa:
Lomba marathon
Lomba sepak bola antar RT
Lomba lintas alam

V.                  WAKTU dan TEMPAT

A. Lomba Tarik Tambang
Hari, tanggal: -
Waktu: -
Tempat: -

B. Lomba Joged
Hari, tanggal: -
Waktu: -
Tempat: -

C. Lomba Marathon
Hari, tanggal: -
Waktu: -
Tempat: -

D. Lomba Sepakbola
Hari, tanggal: -
Waktu: -
Tempat: -

E. Lomba Lintas Alam
Hari, tanggal: -
Waktu: -
Tempat: -

VI.                SUSUNAN KEPANITIAAN

Penanggung Jawab:
A. Panitia Pelaksana
B. Seksi-seksi

ANGGARAN BIAYA

A. Sumber Dana
B. Pengeluaran

VII.              PENUTUP

Demikianlah proposal ini saya bikin, saya mengharapkan dukungan serta partisipasi bapak/ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita inginkan.
Atas perhatian serta hubungan kerjasama bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar